Flora

Tips Mencari Ide Konten Media Sosial yang Powerful

Berbicara tentang tips mencari ide konten media sosial, kebanyakan dari kita mungkin sering merasa stuck ketika membuatnya. Konten sosial media tentunya menjadi alat paling manjur untuk meningkatkan brand awareness. Namun yang menjadi tantangan adalah, meningkatkan Brand Awareness melalui sosial media tentunya membutuhkan konsistensi dan juga keseriusan dalam menyajikan konten yang relevan dan menjawab keresahan dari audience. Sehingga mereka yang tadinya belum mengenal brand kita bisa kita suguhkan konten konten powerful yang mereka butuhkan untuk menarik perhatian mereka.

Setelah itu peluang mereka untuk melakukan follow atau minimal mengunjungi profil kita. Ini adalah strategi yang paling mudah dan powerful untuk mendatangkan audience yang tertarget dan menaikkan brand awareness.

Lalu, bagaimana cara dan tips mencari ide konten media sosial apa yang harus kita buat? Berikut penjelasannya:

tips mencari ide konten media sosial

Image source: pixabay.com

Tips Mencari Ide Konten Media Sosial Anti Mentok!

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menemukan ide konten yang beragam anti mentok.

1. Ulik Lebih Dalam Mengenai Siapa Target Audience Anda dan Apa yang Mereka Suka

Tips mencari ide konten media sosial yang pertama pertama kali harus Anda lakukan sebelum membuat konten adalah mengetahui dengan pasti siapa yang akan menjadi audience dari brand Anda. Mengapa hal itu penting? Karena dengannya, Anda bisa menentukan bahasa atau istilah istilah yang akan Anda gunakan sebagai konten.

Selain itu, ide konten juga seringkali muncul dari langkah pertama ini. Karena setiap generasi biasanya identik dengan suatu masalah atau topik tertentu. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengerti topik apa yang bisa Anda bahas menjadi sebuah konten yang akan menarik perhatian para target audience.

2. Bergabunglah dengan Forum atau Komunitas yang Membahas Mengenai Topik yang Relevan dengan Interest Audience

Langkah kedua dari tips mencari ide konten media sosial yang akan memudahkan Anda menemukannya adalah dengan mengikuti forum atau komunitas yang kemungkinan akan membahas sesuatu yang berkaitan dengan interest audience Anda. Meskipun interest tersebut tidak berhubungan langsung dengan service atau produk yang Anda tawarkan.

Misalnya jika Anda memiliki sebuah tempat bimbingan belajar anak SD, maka bisa diasumsikan bahwa target audience Anda adalah para orang tua yang memiliki anak dengan rata rata usia Sekolah Dasar. Biasanya para orangtua tersebut suka untuk mengikuti akun akun yang membahas mengenai tips parenting. Sehingga Anda bisa untuk bergabung dan mengikuti forum seputar parenting untuk mengetahui topik parenting apa yang sedang banyak dibahas.

3. Buatlah survey dengan gimmick quiz atau games ringan untuk mengetahui minat audience

Cara selanjutnya yang bisa dibilang cukup akurat dan simple untuk dilakukan adalah dengan melemparkan pertanyaan kepada audiens dengan gimmick games atau quiz seperti “Masalah parenting apa sih yang sering bunda alami sebulan terakhir ini?” Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak sekali insight dari para audience terkait problem yang sedang mereka hadapi.

Ini bisa jadi peluang yang besar untuk Anda menyajikan konten yang benar benar relevan dan mereka butuhkan. Anda tidak perlu menjadikan semua jawaban yang masuk sebagai konten. Cukup pilih yang relevan dan berkualitas untuk bisa Anda jadikan ide konten selanjutnya

4. Buatlah sesuatu spesial di momen atau perayaan spesial

Tips keempat ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh para pembuat konten. Memanfaatkan momentum spesial seperti perayaan hari besar atau momen gajian untuk bisa membuat konten yang relevan dengan kondisi para audience. Biasanya tipikal konten seperti ini yang akan mendatangkan banyak audience baru.

5. Pastikan Anda update dengan berita atau informasi terkini yang terjadi di sekitar

Tips mencari ide konten media sosial yang terakhir dan tidak boleh terlewat adalah, pastikan Anda sebagai pembuat konten untuk selalu update dengan kondisi dan topik terkini yang sedang hangat dibicarakan. Trend akan membantu Anda melesat sangat cepat jika Anda bisa memanfaatkan momentum nya dengan baik.

Yang menjadi tantangan adalah, trend yang muncul biasanya akan dengan cepat redup. Oleh karena itu, pastikan Anda peka terhadap kondisi sekitar dan melakukan eksekusi dengan cepat terhadap trend yang sedang berjalan.

Itu dia 5 tips mencari ide konten media sosial paling jitu yang bisa Anda terapkan dalam proses menemukan ide konten yang bukan hanya berkualitas, namun juga relevan dan powerful bagi audience. Karena menyajikan konten yang berkualitas saja tidak cukup jika tidak sesuai dengan yang audience butuhkan.

Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah. Perlu dilakukan riset mendalam secara berkala untuk bisa terus menyajikan konten konten yang relevan. Namun jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus teknis konten seperti ini, Anda bisa menggunakan Jasa Kelola Social Media yang memiliki tim lengkap dan berpengalaman yang akan sangat memudahkan pekerjaan Anda.

Ingin mendapatkan penawaran harga spesial untuk jasa kelola social media dari SOOCADIGITAL? Klik link di bawah ini sekarang juga.

JASA KELOLA SOCIAL MEDIA

Post A Comment