Flora

Panduan Membuat Audience Persona

Membangun brand bisnis mengharuskan kita untuk menyusun sebuah kegiatan pemasaran yang efektif. Salah satu cara terbaik dalam menyusun strategi pemasaran adalah dengan membuat audience persona. Panduan membuat audience persona akan sangat membantu Sookawan sebagai marketer untuk menyusun sebuah strategi marketing digital yang baik.

Untuk itu Anda bisa memanfaatkan template audience persona, agar proses pembuatan menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan campaign. Sookawan bisa menyimak artikel berikut untuk mendapatkan panduan membuat audience persona beserta template dan contohnya.

Apa itu Audience Persona dalam Digital Marketing?

Audience persona atau yang lebih sering kita kenal dengan buyer persona adalah representasi dari Seorang pelanggan yang menjadi target market brand Anda. Informasi mengenai audience persona bisa Anda dapatkan dari penelitian secara mendalam pada beberapa calon customer brand Anda.

Dalam digital marketing, audience persona berperan penting dalam membantu menunjukkan karakteristik target market Anda. Dengan itu, penerapan strategi bisnis Anda kedepannya akan berjalan dengan lebih mudah dan efektif.

 

Panduan Membuat Audience Persona

Panduan membuat audience persona

Sumber Foto: Freepik.com

Sebelum Anda membuat sebuah audience persona, sebaiknya Anda melakukan beberapa riset terlebih dahulu untuk memvalidasi bahwa persona Anda dapat mewakili target market Anda secara akurat. Anda harus mengumpulkan data kualitatif serta data kuantitatif untuk Anda jadikan persona yang bisa mewakili sosok pelanggan ideal Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah praktis yang bisa Sookawan terapkan untuk mendefinisikan audience persona bisnis Anda.

1. Header

Header pada sebuah audience persona akan berisi tentang nama fiksi, foto, serta berbagai macam profil dan kutipan yang mencantumkan hal penting dari seorang persona. Informasi ini bisa menjadi fokus penting bagi tim marketing Anda dalam menyediakan campaign yang tepat.

2. Profil

Detail mengenai profil dan demografis sebuah audience persona sebaiknya bersifat faktual berdasarkan data yang Anda dapatkan dari penelitian pengguna. Profil demografis bisa Anda susun dalam empat bagian utama, yaitu latar belakang pribadi, profesi, lingkungan dari pengguna, dan kondisi psikografis mereka.

Contoh audience persona yang berisi profil bisa Anda terapkan dengan menggunakan template berikut.

  • Data Pribadi: Nama, gender, usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, pengeluaran bulanan, status pernikahan, status dalam keluarga, dll
  • Perilaku: Hobi, makanan favorit, akun media sosial, forum online, kegiatan saat weekend, dsb.
  • Kebiasaan Belanja: Cara berkomunikasi dengan penjual, channel belanja yang sering mereka gunakan, cara mencari produk, cara melakukan transaksi, dll.

3. Tujuan Akhir

Tujuan akhir dari sebuah audience persona akan menjadi faktor pendorong yang bisa memberikan inspirasi dalam penentuan langkah-langkah strategis. Sasaran akhir juga bisa menjadi fokus utama Anda dalam menjalankan sebuah campaign marketing.

4.  Template Audience Persona

Keterbatasan waktu dan keahlian bisa menjadi penghalang dalam penyusunan audience persona yang baik. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memanfaatkan sebuah template audience persona menggunakan beberapa tools digital. Beberapa situs berikut bisa Anda jadikan template dan contoh audience persona yang benar.

 

Hubspot

Sumber Foto: Hubspot.com

Hubspot menyediakan template audience persona yang sangat menarik dan mudah untuk Anda gunakan. Anda bisa memberikan kustomisasi yang sesuai dengan bisnis Anda. Hubspot memiliki beberapa fitur yang menarik seperti CRM penjualan, alat keterlibatan penjualan, fungsionalitas penawaran, pelaporan, dan analitik penjualan.

 

Xtensio

Xtensio bisa menjadi tools gratis dalam penyusunan template audience persona Anda. Tools ini juga sudah mencakup beberapa aspek lain seperti strategi, aktivitas pemasaran, operasional, dan strategi pengembangan bisnis. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari tools identifikasi segmen yang bisa menjelaskan segmentasi pasar Anda.

 

Penutup

Audience persona dapat menjadi kunci utama dalam menentukan target pelanggan yang ideal untuk segala jenis penawaran brand Anda. Pengujian dan validasi produk Anda bisa terlaksana dengan sesuai apabila memanfaatkan audience persona yang benar. Sookawan bisa memanfaatkan beberapa template yang sudah kami sebutkan diatas untuk menyusun sebuah audience persona yang efektif.

Selamat mencoba dan jangan lupa share ke sosial media apabila Anda rasa artikel ini bermanfaat, semoga berhasil!

Post A Comment