Flora

Tips Menjadi UI/UX Designer Pemula

Keahlian pada bidang design UI/UX semakin lama sudah menjadi aspek yang sangat dibutuhkan di era teknologi informasi ini. Sookawan bisa menemukan cukup banyak lowongan pekerjaan dan kebutuhan akan jasa design UI/UX.

Maraknya kebutuhan akan pekerjaan ini membuat semakin banyaknya orang yang mencoba tips menjadi UI/UX designer. Ada banyak tips menjadi UI/UX designer yang bisa Anda pelajari agar bisa mendapatkan sertifikasi UI/UX designer.

Sebenarnya dalam menekuni bidang UI/UX Anda tidak perlu harus terlebih dahulu menempuh pendidikan dasar di bidang tertentu. Disini Anda bisa mempelajari tips yang akan mengajarkan Anda cara menjadi designer UI/UX pemula.

Para Sookawan sekalian hanya perlu memiliki niat dan ketekunan yang besar agar bisa memanfaatkan peluang dalam menjalani karir sebagai UI/UX designer. Adapun tips dalam menjadi seorang UI/UX designer pemula bisa Anda simak pada ulasan berikut ini.

 

Apa itu UI/UX Designer?

Sebelum memulai pembelajaran, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai profesi dari seorang UI/UX designer. UI adalah User Interface maupun tampilan antarmuka yang akan Anda sajikan untuk para user. Sedangkan sistem design akan diatur pada sebuah design User Experience atau UX. UI designer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam pembuatan sistem design dan aliran kerja dari sebuah tampilan pada aplikasi maupun website.

Dalam pembuatan design UI/UX, seorang designer harus memperhatikan kemudahan dan kenyamanan dalam interaksi antarmuka atau yang sering kita kenal dengan sebutan user friendly. UI designer juga memiliki tanggung jawab dalam perencanaan flow dalam pengerjaan wireframe, mockup, dan prototype.

 

TIPS MENJADI UI/UX Designer YANG UTAMA

Mungkin terlintas di benak Sookawan bahwa UI/UX designer erat kaitannya dengan tools desain, seperti Corel, Adobe photoshop, illustrator, dan lainnya. Memang pada praktiknya, tools desain akan sangat membantu Anda dalam mengomunikasikan sebuah produk serta tetap memiliki nilai estetika.

Namun ada hal yang lebih penting dari kemampuan design, yakni memahami 3 kunci utama dalam sebuah produk. Kunci utama tersebut antara lain adalah problem, solution, dan result. Seorang UI/UX designer pemula harus mempelajari cara menangkap permasalahan dan memberikan solusi yang sesuai untuk mencapai tujuan.

 

Mempelajari Tools UI/UX Designer

Sumber Foto: Figma.com

Tips menjadi UI/UX Designer yang pertama adalah harus mempelajari tools-tools yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Sookawan yang ingin mendalami bidang UI/UX designer juga harus mulai membiasakan diri dalam penggunaan berbagai macam tools UI/UX designer seperti figma, sketch, maupun yang lainnya. Anda harus mulai melakukan latihan dalam pembuatan design baik itu dari segi UI maupun UX. Tools desain akan sangat membantu Anda dalam membangun aplikasi maupun website anda, dengan seringnya berlatih Anda bisa memperkaya skill yang Anda miliki.

 

Perhatikan Aspek Visual

Tips Menjadi UI/UX Designer

Sumber Foto: UXDesign.cc

Aspek visual pada sebuah design interface merupakan hal yang vital. Desain sebuah aplikasi maupun website sangat berperan dalam mengkomunikasikan produk serta membuat user puas. Dengan desain yang memanjakan secara visual, user pun betah dalam melakukan interaksi sehingga ingin mencari tahu lebih banyak mengenai produk.

Sebagai seorang UX designer, Anda juga harus bertanggung jawab dalam kepuasaan pengguna dalam mendapatkan pengalaman interaksi yang nyaman dan sesuai ekspektasi pengguna. Sookawan perlu memahami apa kebutuhan pengguna serta pain point apa saja yang kira-kira ingin dihindari pengguna.

 

Mengumpulkan Sumber Referensi

Sumber Foto: Pexels.com

Selain untuk membantu UI/UX designer pemula, dengan mengumpulkan sumber referensi yang cukup banyak Anda bisa mengetahui trend design yang memang sedang populer agar Anda bisa selalu update.

Memiliki bank referensi juga akan memberikan Anda kemudahan dalam menghadapi berbagai macam masalah dalam konsep design UI/UX. Anda bisa belajar dari sumber-sumber seperti website, buku, video online, dan lain sebagainya.

 

Bergabung dengan Komunitas Design

Sumber Foto: pexels.com

Setelah belajar secara individual, Anda juga bisa melakukan pembelajaran dengan bergabung pada komunitas design. Anda bisa menemukan banyak sekali komunitas designer UI/UX pada grup membership premium, forum Facebook, Telegram, maupun beberapa channel lain. Anda bisa menambah teman diskusi baru dan bertukar pikiran dengan orang yang mendalami bidang profesi yang sama.

 

Penutup

Poin- poin diatas bisa Sookawan manfaatkan untuk mengantarkan Anda menjadi seorang UI/UX designer yang handal. Anda bisa memulai dengan latihan membuat suatu project sederhana. Disamping itu, Anda juga bisa memperkaya informasi mengenai design UI/UX dengan membaca artikel mengenai UI/UX design pada sebuah website terkait seperti blog Sooca Digital Agency.

 

Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat, jangan lupa beri komentar dan share ke teman-teman Sookawan sekalian.

Post A Comment